Sunday, August 27, 2017

Tutorial Cara Bikin Navigasi Lagu di Youtube

Salam AUTOBOTS, apa kabar nih semuanya, semoga sehat selalu dan makin demen sama postingan postingan ane, sobat automotiv maaf kali ini postingan saya agak melenceng dari tema blog saya, postingan ini saya buat guna menjawab pertanyaan dari salah satu viewer youtube saya, baik langsung saja cekicrot, kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial simpel tapi cukup bermanfaat buat para youtubers, yaitu Tutorial Cara Bikin Navigasi Lagu di Youtube, navigasi lagu di youtube maksudnya ialah seperti gambar di bawah ini nih . . .  untuk contoh live nya bisa lihat di Video ini Noah Second Chance Full Album

trus guna nya buat apa sih,? jadi dengan tombol navigasi tersebut saat kita lagi streaming lagu di youtube, trus di dalam video yang kita tonton itu berisi lebih dari satu lagu, dan saat lagu yang kita sukai terlewat tapi kita masih pengen muter ulang lagu itu lagi, kita gak perlu repot repot nyari di timebar video, kita tinggal klik saja di deskripsi seperti di contoh diskripsi lagu saya di atas, dan taraa. . . video akan otomatis melompat ke timebar video lagu yang kita inginkan, mungkin seperti itu gambaranya,. . .

Buat yang penasaran dan pengen Bikin Navigasi Lagu di Youtube kaya gini, berikut saya paparkan caranya :

1. Yang pasti kita harus masuk ke akun youtub kita dulu
2. masuk ke menu Creator Studio Youtube kita, untuk yang mau edit vidoe yang sudah di upload
  - atau ke menu upload untuk di video yang baru akan di upload.


3. Lalu pilih video yang akan di beri tombol Navigasi Lagu di Youtube, lalu klik Edit.


4.Kemudian kita buat dulu deskripsi yang akan kita gunakan sebagai tombol Navigasi Lagu tersebut, dalam membuat deskripsi ini kita akan menggunakan code html, pada tutor ini saya mencontohkan membuatnya melalui HTML di postingan blog, untuk yang belum punya blog bisa bikin dulu atau menggunakan alternatif lain, baik langsung saja masuk ke postingan blog, klik tab html.


5.ketikan code berikut :
    1.[<a href="https://www.youtube.com/watch?v=QyWIq9jyHeE&amp;feature=youtu.be=00m00s">00:00</a>]"Hero"
   warna merah diganti dengan url video anda
   warna hijau = timing lagu tersebut mulai di putar, disini saya set waktu pada 00 menit 00 detik,
   *Note: harus tahu di waktu berapa lagu tsb di putar.
   warna biru = teks biasa
6.Setelah selesai kita ketik, beralih ke tab Compose di post blog. dan code tadi akan berubah menjadi teks biasa (yang warna biru tadi). dan nanti teks yang inilah yang nanti akan kita gunakan sebagai tombol Tutorial Navigasi Lagu di Youtube.


7. kalau sudah jadi langsung aja select all dan copy paste ke deskipsi Video Youtube yang sudah kita buka tadi.


8.kemudian Klik Save / Save Changes. dan jangan lupa di tes terlebih dahulu.

sekian tutor dari saya tentang Tutorial Cara Bikin Navigasi Lagu di Youtube, semoga bermanfaat. dan jika ada kebingungan jangan sungkan bertanya, terimakasih, salam AUTOBOTS




No comments:

Post a Comment

mohon kritik dan sarannya, terimaksih